MENUU.. FAVE :CASTENGEL

KETIKA lebaran hampir tiba, ada tradisi keluarga yang tak pernah aku lewatkan setiap tahun:

MEMBUAT KUE LEBARAN

Semenjak H-7 lebaran keluargaku sudah sibuk menyiapkan penganan-penganan kecil yang akan disajikan di hari Lebaran. Biasanya pada minggu terakhir, kami akan membuat aneka kue kering (kukis). Diantara kukis yang sering kami buat, ada satu resep yang SANGAAAT aku suka.

Yupz!! Sesuai gambar yang tertera di bawah, temen-temen udah bisa menebak kan apa kue favorit aku. That’s right ….Castengel. Sssssyyypp…sambil nulis sambil ngebayangin niiih.

Bahan :
1. Margarin 500 gr
2. Keju chedar 200 gr  parut kasar
3. Keju chedar 100 gr  parut memanjang untuk taburan
4. 4 kuning telur  untuk dicampur dengan bahan lain
5. Kuning telur secukupnya (4-5 butir) kocok, untuk olesan
6. Vanili 1 bks kecil (kira-kira setara 1 sendok teh)
7. Penyedap rasa ayam 1 sendok teh
8. Garam 1 ujung sendok teh
9. Tepung terigu (khusus kukis)  secukupnya untuk menguleni adonan
hingga kalis, biasanya sii butuh 1,5 kg-an (pokoknya sampai lembut dan siap dibentuk
gitu).

Cara Buat :

1. Kocok kuning telur dan margarin hingga mengembang
2. Masukan keju yang sudah diparut kasar, vanili, penyedap rasa dan garam. Kocok hingga adonan awal tercampur dengan merata (warnanya akan jadi kuning pucat)
3. Campurkan terigu sedikit demi sedikit mengunakan sendok/ spatula hingga adonan mudah dibentuk alias ga nempel di tangan pas dipengang.
4. Adonan siap cetak sesuai keinginan –bisa digiling pakai roll, lalu cetak dengan lempengan aluminium berbagai bentuk
5. Atau bisa juga diemol-emol pakai tangan bentuk kaya guling mini (ingat lho tangnnya musti sterill 😉
6. Pokok έ yang penting ber-Xpresilah dengan bentuk Fave mu)
7. Panggang setengah matang dengan api sedang.
8. Olesi dengan kuning telur dan taburi keju yang sudah diparut memanjang.
9. Panggang lagi sampai matang (tandanya, akan tercium bau gurihhhh bgtz dari oven).

TARRRRaaaaa….
Castengel a la Qyu sudah jadi.

kastengel-300x227

Iklan

5 Komentar

  1. Salam mba..
    margarinenya brp bnyk ya?

  2. oiya,vanilinya kira2 1 sdk mkn ga?
    (Sy skrg sdg stay smntra di Aussie, vanilinya bungkusnya agk besar.). Mksih bnyk.
    Wassalam.

  3. salam kenal mba Widiya,…
    resepnya sudah saya sunting. kelupaan margarinnya belum ditulis.
    untuk 1 resep, margarinnya 500 gr, mengenai vanili (kira2 sama dengan 1 sendok teh)

    ow ya, kalo mba kurang suka penyedap rasa (karena MSG-nya), yang ini boleh tidak ditambahkan. coz penyedap rasa hanya untuk menambah rasa gurih saja.

    well, selamat menikmati castengelllzzzz a ala Qyu

  4. waduh melihat makanan saya jadi laper lagi nih… (kukurubukan patuangannana…)

    Salam kenal ya… 🙂

  5. kok pake penyedap rasa berarti rasa kejunya gak asli dong


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s