Antara Skripsi dan Wisuda Part I (Berbagai kemudahan itu…datang silih berganti)

Usai sudah masa penelitian yang melelahkan. Saatnya meneruskan perjuangan di fase skripsi dan menjalani ‘eksekusi’ para dosen penguji. (Waaaaa…kejam banget bahasanya). Ujian datang dan pergi, ternyata. Hehehe..

Well, sebagaimana biasanya saya akan share tentang pengalaman pribadi seputar kehidupan seorang mahasiswa. Suka maupun duka. Yahh kita tidak tahu kan, kapan kita jadi mahasiswa lagi. Setelah lulus, masa-masa perjuangan yang berdarah-darah ini mungkin akan sangat  saya rindukan. Jadi, mari kita ingat kembali catatan perjalanan semasa menyandang status ‘mahasiswa’.

Desember 2010 menjadi saat-saat yang mendebarkan bagi saya selaku mahasiswa SUPER SENIOR (baca: angkatan tua). Pasalnya saya sudah mengambil 9 semester untuk menyabet gelar sarjana, dan saat itu berada di 3 bulan terakhir. Alamak…bentar lagi. Sementara saat itu, saya masih kekurangan satu tahap penelitian lagi. Kapan dong saya lulus dan wisudaaaaaa????

(#bayangin deh ekspresi wajah  Machaulay Culckin ‘Home Alone’ waktu liat penjahat. Dua tangan megangin pipi, sambil teriak ‘Aaaaaaargh’! LEBAY!!)

Belum lagi ditambah rekan-rekan penelitian dari universitas lain yang pada ngacir duluan ngurusin skripsi dan pendaftaran wisuda. Padahal mereka datang belakangan daripada saya. Paten deh, saya memegang rekor mahasiswa penelitian dengan tingkat ‘kebetahan’ tertinggi di Lab tersebut. “S.E.P.U.L.U.H.    B.U.L.A.N  sodara-sodara!”. Yaa…sudahlah T-T hiks..hikss.

Akhirnya, minggu terakhir Desember 2010 saya berhasil mengakhiri ‘kerja rodi’ di Lab dan menggondol data-data penelitian untuk disusun menjadi skripsi. Fiuhhhh…akhirnya!! Senyum mulai terkembang. Hiks..hikss…(shreeeeeeet….), terharu.

Mengawali bulan Januari 2011, tidak diduga Allah SWT memberikan banyak kemudahan kepada saya.   Di antara sekian banyak kecemasan yang menghantui, bersama itu DIA bukakan banyak pintu kemudahan untuk saya.

  1. Ketika si Kompi mati suri, Allah gantikan (lewat tangan seseorang) dengan yang lebih baik dan mobile. Worthy banget deh…Gag tahu kayak gimana jadinya kalau saya gag megang komputer buat nge-draf.
  2. Sesampai di kampus, saya yang masih kaku dengan suasanya bertemu dengan reka-rekan senasib yang juga mengejar wisuda bulan Maret. Mereka banyak membagi informasi dan tips penting untuk saya. Mulai dari mengumpulkan segala macam persyaratan hingga strateginya. Wuihhhh….kalian berjasa sekali kawan-kawan.
  3. Ketika saya membutuhkan tanda kehadiran di 8 seminar hasil (baca: semhas), Allah hadirkan saya pada musim semhas. Alhamdulillah…banyak rekan yang semhas dan dalam waktu yang yang sama saya dapat menghadirinya.
  4. Wajib lulus TOEFL-LIKE dengan skor minimal tertentu. Ujian TOEFL-LIKE hanya dilakukan sebulan sekali tiap minggu ke dua. Beruntung, saya sudah stay di kampus lagi minggu pertama Januari. Jadi masih sempat ikut ujian yang Januari. Alhamdulillah…=) Tapi, saat itu masih ada yang bikin saya horror menghadapi TOEFL-LIKE yang diadakan pihak kampus. Sekali mahasiswa gagal dalam ujian pertama, ia diwajibkan mengikuti hingga tiga kali. Berarti, kalau saya gagal di ujian pertama, saya harus mengikutinya hingga lolos di ujian ke tiga di bulan Maret. Which is mean…gag bisa ngikut wisuda Maret. Haahhhh!!!?? Dan keajaiban pun terjadi. Meski skornya tak begitu bagus, saya lolos di ujian pertama. Horeeeee!!
  5. Saya tidak harus mem-print out draf skripsi untuk diperiksa Pembimbing (I dan II) sebagaimana rekan-rekan lainnya. Alhamdulillah…penghematan besar-besaran nih. Draf cukup saya setor via imel dan dikoreksi dengan beberapa masukan dari sensei. Selain itu, sesi bimbingan skripsi tidak terlalu lama, sehingga saya punya banyak waktu untuk duduk di hadapan monitor merevisi draf. Senangnyaaaaa =)
  6. Bisa nyepot (baca: hot spot-an) gratis di kampus tanpa lola. Coba hitung, berapa besar penghematan biaya dan waktu yang bisa saya lakukan? Waoow…amazing!! Saya berterimakasih kepada seorang teman dekat yang merelakan password nya untuk saya pakai selama pembuatan skripsi. Semoga kamu juga diberi kemudahan juga yah…(semangat!!)
  7. Di saat jurnal atau artikel ilmiah yang saya butuhkan ternyata berbayar dan tidak bisa didonlot sembarangan, jauh-jauh hari Allah telah perkenalkan kepada saya seorang teman yang sekolah nun jauh di negeri sebrang sana. Lewat dia lah saya dapat minta didonlotkan judul-judul jurnal yang PAS dengan pembahasan skripsi. Alhamdulillah…saya mendapat kemudahan menyusun argument untuk data penelitian.
  8. Support dari Mamah-Papa, keluarga, dan sahabat. Doa dan semangat kalian menyumbangkan energi yang sangat besar bagi saya.

Hmmm…saya tidak bisa terus menyebutkan berbagai pertolongan-Nya satu per satu. Bagi saya, semua ibarat keajaiban yang hadir serentak di saat logika seorang manusia seperti saya tak bisa menggapainya. Saya toh tidak tahu apakah kondisi ini akan mengantarkan saya pada wisuda bulan Maret atau tidak. Hanya Allah yang tahu. Saat ini, saya hanya ingin menikmati segala kejaiban yang Allah berikan tanpa harus menundanya hingga wisuda menjadi kenyataan.

NB: untuk semua pihak yang telah berjasa selama penyusunan skripsi hingga lulus dan wisuda nanti, kalian mungkin tidak tahu betapa berartinya ini untuk saya. Terimakasih banyak…

Allah SWT lebih tahu balasan yang paling tepat untuk itu.

Iklan

5 Komentar

  1. Sekarang udah meninggalkan kampus berarti ya.. 🙂

  2. kita punya pengalamn yang tidak jauh beda. tak bakal terlupa sampe sekarang dan sampai nantipun, SEMANGAT TERUS Tegaaarrrrrrrrr……………!:)

  3. Antara Skripsi dan Wisuda Part II nya mana nih???

  4. @AA
    hehe. itu masih di fb. aku pindahin jangan A?

  5. termakasih infonya, sangat bermanfaat , Adriana


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s